5 cara mudah stem gitar dengan tuner

 hallo sobat selamat siang berjumpa lagi dengan saya, gimana kabarnya sobat saya berharap semoga semuanya sehat walafiat yah agar bisa menyimak artikel saya kali ini . sudah beberapa hari saya absen tidak menulis artikel yah sedih memang tapi harus gimana lagi di karenakan kesibukan di dunia nyata yang mengharuskan saya fokus di dunia nyata dulu namun sekarang kebetulan hari ini lagi libur nasional karena adanya pemilu jadinya ada sedikit waktu luang yang bisa di gunakan buat nulis artikel .pada kesempatan kali ini saya ingin membahas tentang cara stem gitar dengan tuner


source images : boldmusiclessons.com



Cara Menyetem Gitar Dengan Tuner

source images : theacousticguitarist.com



1.langkah pertama kendorkan dahulu semua senar dari senar(1) sampai senar enam(6) semuanya harus longgar agar mempermudah dalam penyesuaian nadanya .


2.pasang tuner di ujung neck gitarnya jika pake tuner ,jika pake aplikasi smartphone sobat taruh smartphone di bagian paha lalu bagian micnya dekatkan bodi gitarnya agar suara yang keluar dari gitar bisa di tangkap sepenuhnya oleh smartphone sobat.


3.lalu setelah itu coba petik satu senar saja tanpa menekan kunci atau cord pada gitar sobat..


4.kemudian coba perhatikan layar di tuner atau  ponsel smartphone sobat secara otomatis ketika suara yang di petik sobat terdengar maka tuner akan mengenali nada yang keluar tadi .


5.nah setelah tuner atau smartphone telah mengenali semua nada yang keluar dari gitar tugas sobat sekarang memetik satu persatu nada dan sesuaikan dengan urutan nada inilah urutan nadanya sobat tinggal menyamakannya saja dengan nada yang muncul di layar tuner/smartphone sobat ..


Senar 6 = E

Senar 5 = A

Senar 4 = D

Senar 3 = G

Senar 2 = B

Senar 1 = E


kita ambil contoh petik senar yang paling atas yang dililiti dengan kuningan itu kan bernada E maka dilayar tuner /atau smartphone sobat harus muncul E juga dan seterusnya sampai senar bawah ..


kesimpulannya menyetem gitar menggunakan tuner ini memang mempermudah dalam menyamakan nada namun kekurangannya kadang masih terasa fals saran saya latihlah pendengaran sobat sering seringlah mengenal nada dengan rutin bermain gitar sedikit demi sedikit akan terbiasa tanpa tuner ,manual tuninglah yang lebih akurat di bandingkan memakai bantuan tuner ..

semoga apa yang saya bahas pada artikel ini bisa bermanfaat buat sobat semuanya terima kasih wasalam . 

0 Response to "5 cara mudah stem gitar dengan tuner"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel