belajar gitar

 Saluran YouTube bernama Alip Ba Ta, dengan konten aksi dahsyat permainan fingerstyle-nya, mungkin bisa menjadi salah satu inspirasi yang memberikan motivasi seseorang untuk belajar gitar. Saluran ini menarik, karena dalam penampilan yang santai dan sederhana, berbagai teknik bermain gitar dikuasai Alip dengan sempurna. Genre musiknya yang dimainkan pun beragam lengkap dengan akrobat jari dan skill yang memukau penonton YouTube. 




Pekerja operator forklift  ini merekam permainan gitarnya yang peralatan seadanya. Hasil rekamanan suara gitarnya dikagumi penikmat gitar tidak saja dari Indonesia dan juga mendapat reaksi positif dari manca negara. 


Dilansir tribunnews, Alip memiliki kemampuan mengulik gitar ini sejak kecil tanpa mengetahui itu aliran fingerstyle. Nampaknya inilah bakat alam yang terpendam dari Alip. Keisengan dan kebiasaan mengulik gitar ini bisa kamu tiru, gaes. Namun jangan khawatir jika kamu tidak memiliki bakat alam seperti Alip, kamu bisa belajar mengasah skill belajar bergitar dengan metode yang ada dan waktu belajar yang rutin dan disiplin.


Fingerstyle sendiri merupakan cara seorang gitaris memainkan sebuah lagu dengan gitar akustik dengan cara solo (sendiri). Gitaris fingerstyle memiliki skill memadukan melodi, bas, dan ritem secara bersamaan yang dimainkan sendiri. Suara melodi dan nada yang dihasilkan dari gitar tersebut terdengar “mewakili” lirik-lirik kata sebuah lagu, tanpa perlu mengeluarkan suara vokal  dari seorang penyanyi. Para gitaris fingerstyle biasanya memainkan lagu-lagu populer, rock, campur sari, hingga lagu nasional. 


Aliran memainkan fingerstyle terutama di YouTube cukup populer.  Selain Alip Ba Ta, kita akan menjumpai nama-nama seperti Jubing Kristanto, Alexandra, Nathan, dan banyak lagi. 


Jika kamu menyukai permainan musik dengan alat gitar dan ingin belajar tahap demi tahap, kamu bisa melewati dua jalur. Pertama secara autodidak, dengan belajar mengulik sendiri, mengasah feeling dan belajar teknik. Kedua, belajar lewat jalur kursus resmi yang dipandu langsung oleh seorang guru gitar, baik kursus offline maupun online. Pilih cara belajar yang membuat mu paling cocok dan nyaman.


Berikut ini beberapa hal yang perlu diamati dan dilakukan sebelum kamu terjun menekuni dunia gitar. 


Mengenal Perbedaan Gitar Klasik/Senar Nilon dan Gitar String

Umumnya, ada dua jenis gitar akustik yang biasa dimainkan, pertama jenis gitar klasik yang memiliki ciri bersenar nylon. Senar nylon ini berada di posisi senar nomor 1, 2, dan 3. Ciri fisik lainnya, gitar klasik biasa tampil dalam warna tekstur kayu. Ya, jenis gitar klasik ini banyak digunakan untuk memainkan karya-karya klasik komposer dunia, seperti Bach, Beethoven, dan lainnya. Selain itu gitar klasik juga pas untuk memainkan genre jazz, atau lalu yang banyak memainkan petikan gitar.


Jenis gitar kedua adalah jenis gitar string (kawat). Gitar jenis inilah yang digunakan Alip Ba Ta. Dari suara yang dihasilkan jelas berbeda dengan senar nylon. Ciri senar kawat menghasilkan nada tinggi, melengking. Gitar string biasa untuk memainkan genre rock, pop, blues, dan lainnya.


Menentukan Waktu Berlatih Gitar

Tentu cukup sulit bagi pemula untuk mewujudkan impian bisa bermain gitar tanpa menyediakan waktu rutin, jam demi jam dan hari demi hari. Jika waktu rutin belajar secara konsisten bisa kamu pegang, langkah ini bisa menjadi awal yang baik untuk menguji keseriusanmu dalam belajar bergitar. 


Bayangkan, seorang gitaris yang sudah jadi pun setiap hari harus tetap rajin melatih otot jemarinya agar tidak kaku. Pay, gitaris Slank memberi saran lima jam sehari untuk berlatih gitar. Sementara guru gitar klasik ada yang menyarankan minimal satu hari satu jam. 


Namun jika kamu sekadar ingin bisa dan mengisi waktu luang, bukan untuk tujuan menjadi gitaris profesional, luangkan saja waktu 30 – 60 menit sehari dengan panduan metode klasik maupun model membaca nada tabulasi. 


Posisi Bermain Gitar

Posisi memegang gitar bisa didasarkan pada rasa nyaman. Termasuk dalam posisi duduk. Sementara untuk posisi memegang pada gitar klasik, memiliki standard sendiri. Misalnya kaki kiri dengan dudukan khusus lebih tinggi, posisi stang gitar lebih diagonal (tidak horisontal). 


Belajar Kunci Dasar

Kunci dasar wajib dikuasai untuk belajar main gitar. Untuk bisa mengiringi sebuah lagu, menguasai fingestyle, kamu perlu menguasai kunci dasar dan melodi. Kunci dasar dalam gitar seperti A, Am, B, Bm, C, Cm, D, Dm, E, Em, dan seterusnya.


Mengenal Tabulasi dan Partitur

Seiring waktu belajar gitar, jari-jari tangan mu bisa bergerak lincah, syaratnya kamu perlu mengikuti partitur atau tabulasi. Melalui partitur dan tabulasi inilah yang bisa membuat jari-jari kiri dan kanan mu belajar bergerak mengikuti nada demi nada. 


Simbol musik pada partitur dilambangkan dengan bendera note, bulat hitam, dengan garis nada lima baris. Menurut Wikipedia, simbol musik adalah tanda dan simbol yang digunakan sejak sekitar abad ke-13.


Sementara tabulasi diwakili dengan angka-angka, mulai dari nol. Pada tabulasi, garis nada ada enam baris, persis mewakili posisi senar pada gitar, dari e’ (nada tinggi) hingga e (besar). 


Kondisi Jemari Saat Belajar Gitar

Baik belajar memainkan chord gitar, partitur, atau tabulasi, awalnya ujung jari-jari mu akan terasa sakit, lalu kulit menebal, hingga mungkin terasa kebas saat menekan senar. Proses adaptasi perlu dilewati hingga ujung-ujung jemari mu, hingga tanganmu akrab dan terbiasa. Hal ini biasa terjadi bagi pemula dalam belajar bermain gitar. Jadi, tidak perlu khawatir. Terus mainan gitarmu.


Pilih Gitar Sesuai Isi Dompet

Soal memilih harga gitar yang relatif murah di bawah satu juta, kamu bisa mengikuti saran Anji. Vokalis dan Youtuber ini, pernah me-review perbandingan gitar mahal dan murah. Gitar relatif murah (di bawah 1 juta rupiah) bisa saja menghasilkan nada suara yang nyaris mirip dengan gitar mahal. Dalam review tersebut, Anji menggunakan jenis senar gitar yang sama. Ia pun memotivasi pemirsa untuk bisa menghasilkan gitar mahal dari gitar murah, sayangnya cara ini tidak dibahas langkahnya, hingga mengundang pertanyaan, apakah me-monetasi akun YouTube atau lewat langkah lainnya.





0 Response to "belajar gitar "

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 2